Pengaruh Kepemimpinan Transformasional dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru melalui Disiplin Kerja sebagai Variabel Mediasi: Literatur Review
Kata Kunci:
kepemimpinan transformasional, motivasi kerja, disiplin kerja, kinerja guru, studi literaturAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menelaah pengaruh kepemimpinan transformasional dan motivasi kerja terhadap kinerja guru dengan disiplin kerja sebagai variabel mediasi melalui pendekatan studi literatur. Kajian dilakukan terhadap 20 artikel ilmiah yang dipublikasikan antara tahun 2013 hingga 2023, diperoleh melalui database bereputasi seperti Google Scholar, ScienceDirect, dan ProQuest. Hasil studi menunjukkan bahwa kepemimpinan transformasional berkontribusi terhadap peningkatan motivasi dan lingkungan kerja yang positif bagi guru. Motivasi kerja ditemukan sebagai faktor internal utama yang mendorong guru untuk bekerja optimal. Disiplin kerja berperan sebagai variabel mediasi yang memperkuat hubungan antara kepemimpinan dan motivasi terhadap kinerja guru. Guru yang disiplin menunjukkan konsistensi dalam kehadiran, ketepatan waktu, dan pelaksanaan tugas yang lebih baik. Studi ini menyarankan pentingnya penguatan kapasitas kepala sekolah dalam kepemimpinan transformasional dan pembentukan budaya disiplin kerja.




