Efektivitas Video Aanimasi Terhadap Tingkat Pengetahuan Dan Sikap Tentang Pelecehan Seksual Pada Anak Di Sekolah Dasar

Penulis

  • Dewi Silvana Penulis
  • Harnianti UNIVERSITAS KARYA PERSADA MUNA Penulis
  • Lisna Penulis
  • Nur Juliana Penulis

Kata Kunci:

pengetahuan, sikap, video animasi

Abstrak

Pendahuluan: Kasus pelecehan seksual pada anak-anak di Indonesia semakin banyak terjadi, bukan hanya dikalangan remaja, namun anak-anak juga menjadi sasaran oleh pelaku kejahatan seksual. Pelecehan seksual pada anak dapat menimbulkan dampak psikologis yang berat pada anak, termasuk trauma, depresi, kecemasan, dan masalah perilaku. Tujuan penelitian untuk mengetahui efektivitas video animasi terhadap tingkat pengetahuan dan sikap tentang pelecehan seksual terhadap anak di Sekolah Dasar MI Al-Nadita Fasyah Kabupaten Muna.

Metode: Jenis penelitian menggunakan pre-eksperimental design dengan metode one group pre test-post test without control. Teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling jenis simple random sampling melibatkan 46 siswa kelas II, III, IV, V dan VI. Analisis data menggunakan parametrik melalui uji Paired sample t-test.

Hasil: Terdapat perbedaan terhadap tingkat pengetahuan sebelum dan sesudah diberikan pendidikan melalui video animasi. Sebelum dilakukan pendidikan melalui video animasi pengetahuan siswa berada di kategori rendah sebanyak 27 (58,7%) dan sikap siswa berada di kategori kurang baik sebanyak 32 (69,6%). Setelah diberikan pendidikan melalui video animasi pengetahuan siswa meningkat menjadi kategori tinggi sebanyak 37 (80,4%) dan sikap siswa meningkat menjadi kategori baik sebanyak 41 (89,1%).

Kesimpulan:Ada pengaruh signifikan video animasi terhadap tingkat pengetahuan dan sikap siswa tentang pelecehan seksual pada anak di Sekolah Dasar MI AlNadita Fasyah Kabupaten Muna.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2025-09-15

Cara Mengutip

Efektivitas Video Aanimasi Terhadap Tingkat Pengetahuan Dan Sikap Tentang Pelecehan Seksual Pada Anak Di Sekolah Dasar. (2025). Vocational Journal of Applied Health Scientific (VJAHS), 1(1), 18-25. https://e-journal.ukpm.ac.id/index.php/VJAHS/article/view/32